Kamis, 11 Februari 2010

Dari Val Day Nyasar Ke Tips


Pas lagi nulis judul ini, aku terinspirasi dari beberapa temen-temen kampus yang pada siap – siap untuk ngadain acara kecil – kecilan bareng sama pasangannya masing – masing. Entah itu nyiapin coklat, bunga, blackforest, and serangkaian acara / surprise yang  katanya sih dilandasin atas nama cinta dan kasih sayang yang puncaknya ntar jatuh pada tanggal 14 Februari.

Terlepas dari semua sejarah yang melatar belakangin ini semua, bagiku sendiri bulan Februari yang katanya sih bulan cinta & kasih sayang sama sekali ga merubah apa – apa dariku. Kesibukan bener – bener menjarah nyaris semua waktu yang ku punya. 24 jam dalam sehari, 9 jam terpakai untuk kerja , 5 jam untuk kuliah (rata-rata), 7 jam ngebantal dan sisanya untuk hal – hal lain yang sekiranya bisa  aku lakuin.

Jenuh? Ooo,,,jelas, tapi gak ada pilihan lain.


Dengan kesibukan yang agak sedikit padat ini, terkadang ampe menyita jam makan dan unjung – ujungnya telat makan atau bahkan ga makan. Sebenarnya aku sendiri sudah pernah ngalamin hal buruk perihal makan ga teratur ini. Sepele, tapi bisa nyasar ampe rumah sakit.
Postinganku kali ini, aku tujukan untuk sobat – sobat yang kondisinya mirip kayak aku dan juga untuk memotivasi aku sendiri untuk tetep menjaga pola hidup sehat di tengah – tengah kesibukan yang mendera (jiaahhh,,lebay mood on).

Nah berikut ini sedikit tips hidup sehat yang moga aja penting dan bermanfaat buat sapa aja. (eh,,BTW, opening di atas ga maching sama sekali ya,,dari Val Day, ke tips hidup sehat,,,heheheee,,, tak apa lah,,emang otak ini lagi rada kacau)

  1. Biasakanlah sarapan sebelum memulai aktivitas di pagi hari
Sarapan penting untuk meningkatkan kinerja. Sarapan pun dapat menghindari kebiasaan ngemil dan jajan sebelum makan siang. Bila tak sempat sarapan, ganti dengan roti atau makanan kesukaan serta minuman yang cukup. Setidaknya mengisi perut agar kita memiliki energi cadangan.
  1. Makan secara teratur
Bila diantara waktu makan utama diisi dengan kudapan, hendaknya ini bukan sebagai pengganti makanan utama. Kudapan justru harus dimanfaatkan sebagai tambahan zat gizi. Pilih kudapan berzat gizi seimbang dan tak hanya “enak” saja, tetapi perlu diperhatikan juga kadar kalori, lemak, kolesterol, dan kadar gula. Point ini juga yang sering saya dengar dari beberapa dokter ketika saya nginep di RS doloe, boleh sibuk, tapi jangan sampe telat makan, kalo perut sudah ngambek, bisa menjalar kemana – mana, dan malah ngerepotin”.
  1. Makan Aneka Ragam Makanan yang dibutuhkan tubuh
Aneka ragam yang dibutuhkan tubuh diantaranya mengandung zat tenaga (karbohidrat), zat pembangun (protein), dan zat pengatur (vitamin dan mineral), juga sayur dan buah-buahan.
  1. Tidak Makan dalam jumlah berlebihan
Makan secara berlebihan akan mengakibatkan sistem pencernaan bekerja “lebih keras” dan dapat menyebabkan berbagai gangguan, seperti diare, sakit perut, dan lainnya. Waaaa,,, yang makan ala kuli ini perlu di perhatikan ya.
  1. Hindari Makan berlebih di luar makan utama
Salah satu contohnya adalah makan di malam hari setelah makan malam,      yang dapat mengakibatkan kegemukan. Makan malam sebaiknya dilakukan 2-3 jam sebelum tidur. Sebaiknya, hindari makanan yang mengandung banyak karbohidrat (gula) karena cepat meningkatkan kadar gula darah, sehingga cepat lapar kembali. Lebih dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein karena dapat menstabilkan gula darah.
  1. Olahraga atau kegiatan fisik secara teratur
Selain meningkatkan kebugaran dan menghindari kegemukan, olahraga juga dapat membuat sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Ini berkaitan dengan penyerapan zat optimal zat gizi dan kelancaran metabolisme. Olahraga yang di anjurkan gas ah terlalu berat, ringan – ringan saja asal teratur, contoh ni ya, Push up 100 kali sehari, uppps,, tu tergolong berat ya, heeheee,,ya udah di sesuaikan aja.
  1. Tidur yang cukup
Nah untuk yang satu ini emang jadi masalah buat aku. Sebaiknya tidur dalam sehari antara 6-8 jam dengan kualitas tidur yang baik. Dengan tidur cukup dengan kualitas yang baik, hal ini akan menjaga stamina dan kebugaran tubuh kita. Biasanya akibat dari kuarng tidur ini seperti kata bang Roma “Muka pucat karena darah berkurang, bila sering kena angina malam, segala penyakit akan mudah datang”, ooppp,,jangan diterusin, jadi ngedangdut ntar ne -Balik ke topic- aku sendiri ngalamin akibat dari kurang tidur, dan akhirnya kuliah kerjanya tidur, dan mata jadi sedikit ada kubangannya, alias kantung mata, sampe – sampe aku minta tips ke sobat blog Richo, say thanks dah to richo.
  1. Hindari stress
Stress merupakan salah satu pencetus kebiasaan makan tak teratur, yang selanjutnya akan berakibat pada pola hidup yang tak sehat. Oleh karena itu , hindari stress atau kendalikan stress.

Yach,,itu tadi sedikit tips yang kadang penting dan juga kadang ga penting, tapi setidaknya aku dah berbagi pengalaman buat sapa aja yang baca dan semoga bermanfaat.




                                                     

18 komentar:

  1. pertamAxXx sObat.,.,
    sekalan baca-baca ni.,,.

    BalasHapus
  2. poin 3 -> ahli nutrisi sangat menyarankan penganekaragaman bahan makanan, termasuk makanan pokok. Jangan hanya beras putih saja, variasikan dgn beras merah, nasi jagung, ubi, dll

    BalasHapus
  3. nomer 4 dan 5 paling sulit dicegah

    BalasHapus
  4. yang nomor 6 niih, paliiing males yang namanya olah raga, padahal kalo lagi ke dokter suka menyaranin olah raga.

    BalasHapus
  5. makasih tipsnya ...sangat bermanfaat dan patut untuk dicoba............

    BalasHapus
  6. menghindari stress itu yg sulit bro hehehe, btw tq tipsnya :)

    BalasHapus
  7. Yang kulakukan dari semua hal diatas itu cuman SARAPAN.... lainnya? Lewat... @_@ Betapa tidak sehatnya diriku ini... ;(

    BalasHapus
  8. salam sobat
    trims tipsnya
    saya praktekkan ke 8 ini.

    BalasHapus
  9. sejauh ini saya melakukannya.. tapiii yang gak teratur itu olahraga.. cuma seminggu sekali :|

    BalasHapus
  10. ngga pernah ngrayain vals day sih.. saya suka tidur :p

    BalasHapus
  11. jaga kesehatan mang mutlak hukume..... dari pada terkapar... hehhe

    BalasHapus
  12. thanks ya info'y....
    tD aku smpat brfikiran ngerez loh (ah dasar otak kotor)...
    aku kRain tips bwat **..

    BalasHapus
  13. OOooo, mungkin kampanye sehat dihari Valentine ya, bu...
    emang penting jaga kesehatan, karena tak ada kenikmatan yang lebih diutamakan sesudah Iman melainkan kesehatan.

    BUDAYAKAN HIDUP SEHAT!!!

    BalasHapus
  14. Makasih tips dan infonya'mampir balik ya ntar gus komen balik

    BalasHapus
  15. Nah itu.... olahraga itu yang kurang sekali aku lakukan. Soalnya aku males banget kalau disuruh olah raga, meskipun tahu betapa pentingnya olah raga bagi kebugaran tubuh.

    BalasHapus
  16. hahaha......kalo nyasar kembali no.....

    BalasHapus
  17. ya alangkah baiknya kasih sayang kita berikan setiap hari untuk yang kita sayangi ga perlu menunggu feb 14

    BalasHapus
  18. @ngeposting ni ye: hehhe,,selamat deh,,,

    @ridwan: setuju,,,mangf makanan ga bagus juga kalo cuma itu2 aj,selain bisa bkin bosen,,gizinya juga ga terpenuhi

    @sauskecap: hehehe,,ya iyalha,,mbak kan hobinya kuliner,,heheheee

    @harto: hehee,,,wajib ne bang,,ga perlu berat2,,,

    @dinoe: alhamdulilah kalo gtu,,

    @waroenk coffe: hehehe,,sam2,,,

    @dewabantal: ya kan semua btuh proses,,ga instan,,dicicil,,coba satu2 mas,

    @nura: okay deh,,

    @ridu,:lho,,itu dah cukup,,yang penting teratur,,heeeh,,jadi kayak pakar kesehaan aja ne aq,,,

    @anyin: lebih bagus gtu,tidur,,cukupkan istirahat,,

    @Rico: betul,,betul,,betul,,,jgn ampe di demo ama perut,,bisa merembet kemanan2,,

    @Fais: lhoo,,,kok bisa gtu??apa ada indikasi untuk ngeposting ngeres ta aq,,hahaha,,,

    @qori: waduuhh,aku ne cow,,kok dipanggil buk seh,,,tp gpp,,kali aja mang belum tau,,

    @gus ihwan: okay,,ntar mampir2 ka sana

    @reni: ya mulai sekarang kan bisa di coba,,ga sah banyak2,,

    @cah ndeso: ya ini dah kembali ke habitatnya,,hehehe

    @hendro: siiippp,,,not just 14 feb,,,

    BalasHapus

Tinggalin jejak kata2mu soobb,,,